October 12, 2014

Kerja Sesuai Hobi? Kenapa Enggak?

Sering ga sih ngerasa cepet bosen dengan kerjaan kalian? Atau ngerasa capek padahal baru kerja sebentar? Well, itu semua mungkin karena kalian ga menikmati pekerjaan kalian itu. Kenapa? Mungkin karena saat ngelamar pekerjaan saingan lo terlalu banyak, atau ngerasa minder dengan skill lo yang pas-pasan, atau bahkan ngerasa ga bakal ada kerjaan yang cocok dengan hobi lo sehingga lo "terpaksa" mendapatkan pekerjaan yang "melelahkan".


Eh, emang ada ya pekerjaan yang ga bikin cape?

Well, melelahkan yang gue maksud disini itu adalah bikin cape hati dan pikiran. Karena semua pekerjaan pasti menguras tenaga, meskipun itu pekerjaan paling simple seperti meniup balon, kebayang kan kalo lo tiap hari niupin 150 balon? Gila, bisa kempot tuh pipi dalam seminggu. Tapi, kalo kerjaan itu kalian seneng dan enjoy ngerjainnya ga ada deh tuh cape hati dan pikiran, malahan lo bisa betah kerja berjam-jam tanpa ngerasa lelah sama sekali.

Terus gimana dong biar gue bisa enjoy dengan pekerjaan gue? Simple aja sih kalo menurut gue, lo tinggal mencari pekerjaan yang sesuai dengan hobi lo atau sesuatu yang lo senangi, bahasa kerennya sih sesuai dengan 'passion' lo. Misal lo suka masak, jadilah chef, atau kalau lo suka makan, lo bisa jadi kritikus makanan atau pembawa acara makan-makan kayak Pak Bondan, atau kalau hobi lo nge-game, lo bisa jadi pro-gamer. "Tapi kan cari kerja sekarang susah, nanti gue malah jadi pengangguran lagi". Helloww! Be creative man! Lo susah cari kerja? Ber-wirausaha lah, kembangkan jiwa enterpreneurship kalian. Ga ada lowongan jadi chef? Buatlah toko kue, atau restoran dimana lo bisa berkreasi dengan resep-resep masakan lo itu, lebih enak kan? Ga bisa jadi pro-gamer? Buatlah game, buat game yang menurut lo bakalan jadi impian para gamers lain. Be creative! When there's a will there's a way. Tinggal lo nya aja, mau atau gak dapetin kerjaan yang lo bisa enjoy di dalemnya.

Terus gimana dong dengan kerjaan gue yang sekarang? Ya keluar aja sih kalo misalnya lo ga enjoy dengan kerjaan lo itu, karena kalo lo ga enjoy dengan kerjaan lo itu, lo bakal susah untuk berkembang. Boro-boro berkembang, lo aja kerja belum tentu ikhlas sepenuh jiwa raga, atau bahkan lo lebih banyak ngedumelnya ketimbang kerja? Well gue sih ga bisa menyalahkan lo karena dapat pekerjaan yang super sucks, yang tiap masuk kerja bawaannya udah pengen pulang mulu karena ga menikmati sama sekali pekerjaan lo itu. Gimana mau berkembang? Gimana mau naik jabatan? Gimana mau naik gaji? Jadi, mending keluar aja deh sekalian.

Nih, sedikit gambaran tentang memilih pekerjaan yang lo senangi. Gimana? Still want to suffer from your job? Your life, your choice. Oke sekian, thanks for reading and enjoy your sunday guys.


No comments:

Post a Comment