October 11, 2014

The Starry Night, Van Gogh Magnificent Painting

The Starry Night
Kalian pasti udah ga asing dong sama lukisan disebelah ini? Kalo misalnya kalian pernah nonton Chalkzone pasti inget deh pernah liat lukisan ini. Yap ini adalah lukisannya Van Gogh yang berjudul The Starry Night.

Nah pada kesempatan kali ini gue akan ngebahas tentang lukisan ini. Starry Night ini merupakan salah satu lukisan minyak di atas kanvas oleh Vincent Van Gogh.



Lukisan ini dibuat pada bulan Juni tahun 1899, yang menggambarkan tentang pemandangan sebelah timur dari jendela kamar RSJ-nya si Van Gogh ini yang berlokasi di Saint-Remy de Provence, Prancis sebelum matahari terbit. Van Gogh juga menambahkan sedikit gambaran tentang desa yang ideal menurutnya. Heran ga sih dari RSJ aja si Van Gogh bisa ngehasilin lukisan luar biasa indahnya kaya gini? Well gue sih heran, heran banget dan takjub.

Terus, sekarang lukisannya ada dimana? Lukisan ini sekarang menjadi salah satu benda koleksi di Museum of Modern Art, New York sejak tahun 1941. Jauh banget ya kalo kita mau lihat secara langsung. 

Balik lagi ke lukisannya, apa sih yang membuat lukisan ini terkenal banget dibandingkan dengan karya-karya Van Gogh yang lain? Ada beberapa aspek utama dari lukisan ini yang membuat orang-orang yang melihatnya takjub, dan setiap aspek mempengaruhi tiap orang secara berbeda. Apa aja sih aspek-aspeknya itu?

  1. Langitnya. Kalau kalian perhatikan, terdapat langit malam yang dipenuhi oleh awan yang berputar-putar, dan bulan sabit terang yang dikelilingi oleh 11 bintang yang berpijar memancarkan cahayanya sendiri. Meski gambarnya terlihat seperti dilebih-lebihkan, tetapi orang-orang yang melihatnya... Well, they can relate to it. Dan salah satu hal yang orang-orang sukai dari langitnya adalah, they can feel comfort and at ease when they look at it, begitu juga gue.
  2. Kotanya. Ada apa dengan kotanya? It shows a peaceful essence from the sturctures. Well mungkin karena penggambarannya dengan warna yang gelap serta dipadukan dengan cahaya-cahaya dari jendela di desa yang membangkitkan memori akan masa kecil kita yang dipenuhi imajinasi tentang apa yang ada di malam hari dan langit hitam yang gemperlap. Amazing right? Oh ya kalian lihat gak ada salah satu bangunan dengan ujung yang tinggi itu? Itu adalah menara dari sebuah gereja, it becomes the center point of this town. Menara itu memberikan rasa stabilitas pada sebuah kota, dan juga memberikan gambaran tentang kebesaran dan juga keterasingan.
  3. Objek besar di kiri lukisan. Kalau kalian lihat disebelah kiri, ada suatu objek berbentuk seperti gelombang yang sangat besar skalanya jika dibandingkan dengan objek lain dalam lukisan. Penggambarannya yang berlekuk-lekuk mengikuti langitnya dan menciptakan sensasi mendalam dari lukisan tersebut. Objek berikut juga memungkinkan orang-orang yang melihat untuk merepresentasikan objek tersebut. Dari gunung, pohon, bahkan sampai semak yang lebat, analisa tentang objek tersebut begitu luas dan sangat bervariasi.
Mungkin ga cuma itu aja aspek-aspeknya, karena tiap orang punya cara pandangnya sendiri dalam memandang sebuah karya seni. Karya seni Van Gogh yang menggambarkan tentang Starry Night ga cuma ini aja loh, ada beberapa yang lain seperti Starry Night over the Rone, dan Cafe Terrace at Night. Hanya saja, lukisan yang paling populer tentang gemerlapnya langit ini ya The Starry Night.

Cafe Terrace at Night
Starry Night over the Rhone






Oke sekian pembahasan gue tentang lukisan Van Gogh ini, kalau kalian tertarik dengan 2 lukisan lainnya ini silahkan googling ya guys. Sampai jumpa di post selanjutnya.

No comments:

Post a Comment