October 1, 2014

The Beautiful Flower, a.k.a "The Cherry Blossom"


Hello guys, kali ini gue mau ngebahas tentang Sakura. Yap, Sakura adalah pohon yang menjadi simbol khas dari negeri Jepang. Nama sakura ini berasal dari kata "Saku" (bahasa Jepang yang artinya "mekar") dan ditambah dengan akhiran yang menyatakan bentuk jamak "ra", yang artinya bermekaran.

Kalo dalam bahasa Inggrisnya sih, bunga Sakura disebut cherry blossom. Kok ada cherry-cherry gitu sih? Well, disebut cherry blossom ini karena sakura merupakan Japanese Cherry, atau nama latinnya Prunus serrulata. Jadi basically, sakura ini ga lain adalah pohon "cherry-nya" Jepang makanya disebut cherry blossom, begitu kira-kira.
Oh ya, pohon Sakura ini merupakan pohon yang tergolong dalam familia Rosaceae lho, genus Prunus yang sejenis dengan pohon plum, peach atau apricot, tetapi secara umum Sakura digolongkan dalam subgenus sakura.

Periode berbunga pada pohon sakura ini sangat pendek, yang di Jepang dikenal dengan suatu kata kiasan yakni “7 hari bunga sakura”, yang artinya bahwa sejak sakura mulai mekar lalu layu kembali waktunya kurang lebih 7 hari, dan keseluruhan pohon sakura sejak bunga pertama mulai mekar hingga seluruh bunganya layu kurang lebih memakan waktu setengah bulan.

Nah makanya saat sakura bermekaran merupakan suatu kesempatan langka untuk berpiknik ria. Kesempatan langka piknik beramai-ramai untuk menikmati mekarnya bunga Sakura disebut "hana-mi" (menonton bunga). Biasanya saat melakukan hanami adalah ketika semua pohon Sakura yang ada di suatu tempat bunganya sudah mekar semua.

Filosofi Bunga Sakura :

Mekarnya bunga Sakura ini memang memiliki makna tersendiri yang mungkin tidak akan pernah bisa terungkapkan dengan untaian kata-kata. Sebuah makna kesejukan, keheningan, kebahagiaan dan ketenangan. Sakura juga bermakna perpisahan saat bunga sakura mulai jatuh berguguran di tiup angin. 
Kecantikan bunga sakura juga memiliki arti spiritual dan filosofis tentang kehidupan manusia. Kalo bagi orang Jepang, bunga itu menyimbolkan kegembiraan dan kesedihan serta mengingatkan manusia untuk selalu bersyukur dalam menghargai kehidupan dan kesedihan. 

Sakura juga mengingatkan bahwa segalanya memiliki kebalikan. Ada sedih, ada gembira. Ada hidup, ada saatnya mati. Ada saatnya merekah dengan indahnya dan ada saatnya berguguran. Dan itulah yang bunga sakura lakukan, mekar dengan memberikan keindahan bagi jiwa-jiwa yang berkelana.

Selain itu, bunga sakura dianggap sebagai pembawa rejeki dan keberuntungan. Pada upacara pernikahan dan perayaan tradisional lainnya, seringkali diharuskan meminum sup bunga sakura yang direbus dengan kelopak bunga sakura dalam sebuah wadah keramik, yang maknanya menyerap makna keberuntungan yang terkandung di dalam bunga sakura.
Musim mekarnya bunga sakura adalah pada bulan April, yang juga bertepatan dengan awal masuk sekolah, dan masuk kerja di Jepang, yang merupakan suatu titik balik terbesar dalam hidup manusia, oleh karena itu bunga sakura juga melambangkan masa depan yang penuh sinar cerah dan harapan. Gimana? Keren banget kan filosofi bunga sakura ini?

Jenis-Jenis Bunga Sakura :

Kalo tadi kita ngebahas tentang filosofi bunga sakura, sekarang saatnya ngebahas tentang jenis-jenisnya. Oke langsung aja dinikmati foto-foto bunga sakuranya guys.
  • Prunus × yedoensis (Yoshino Cherry, yang berwarna merah muda dan putih)


  • Sakura Hutan (yang berwarna merah muda dan putih)

  • Yamazakura (yang berwarna putih)

  • Yaezakura (yang berwarna putih atau ungu kemerahan)


  • Shidarezakura (yang rantingnya jatuh seperti pohon willow, bunga berwarna merah)


Suasana Saat Hanami :

Cantik-cantik banget kan foto-foto sakuranya tadi. Nah kalo yang ini adalah foto suasana saat hanami.






· 
Gimana guys? Jadi pengen ngerasain ya kalo ngeliat foto-fotonya tadi. Kalo pengen ngerasain suasana hanami tersebut, mulai-mulailah menabung sejak dini supaya kalian bisa ngerasain epic-nya suasana hanami tersebut. Oke sekian pembahasan kita tentang sakura, kalo pengen liat foto-foto sakura yang lebih indah lagi bisa dicari di google sendiri yaa hahaha, see you on the next post!

Sumber : Wikipedia & Google

1 comment:

  1. waaaah udah banyak ya postingan ttg sakura jepang , jadi ga sabar buat taanggal 3 april nih

    ReplyDelete