October 7, 2014

Edgar Degas, The French Artist

Edgar Degas
Edgar Degas. Mungkin ada beberapa orang yang ga kenal sama tokoh yang satu ini. Kalo ga kenal, kenalan dulu yuk! 

Edgar Degas ini adalah seorang seniman terkenal asal Prancis yang hidup pada abad ke-18. Nama lengkapnya adalah Hilaire-Germain-Edgar De Gas, wuih panjang banget kan? Beliau ini lahir tanggal 19 July 1834 dan wafat tanggal 27 September 1917, kalo dihitung-hitung sih umurnya 83 tahun. Yaa lumayan lama lah ya.


Oh iya, beliau ini merupakan seniman yang di identikkan dengan subjek tari karena hampir semua karyanya menggambarkan tentang penari, meskipun ada juga yang menggambarkan tentang "female nudes", yaa you know it lah. Dia ini dianggap sebagai salah satu pendiri aliran seni Impresionisme, meskipun ia menolaknya dan lebih memilih dianggap sebagai seorang Realis gitu.

Degas ini adalah penggambar yang luar biasa, iyalahh kalo ga luar biasa ga mungkin terkenal dong ya? Hahaha. Dia ini mahir banget dalam menggambarkan gerakan seperti gerakan-gerakan tarian, dll. Karya-karyanya terkenal akan kompleksitas psikologis dan gambaran tentang keterasingan manusia. Degas mempunyai beberapa seniman favorit, 3 diantaranya yaitu Ingres,  Daumier, dan Delacroix sesuai dengan gambar di bawah ini.


By the way, Degas ini mempunyai keyakinan yang agak aneh. Dia berkeyakinan bahwa seorang seniman harus hidup seorang diri, dan kehidupan pribadinya harus tetap tidak diketahui sehingga ia tidak pernah menikah dan beliau menghabiskan tahun-tahun terakhir hidupnya dengan amat menyedihkan. Ia hampir buta, dan gelisah berkeliaran di jalanan Paris sebelum ia meninggal pada September 1917, sedih banget kan?

Yaa meskipun dibalik keyakinannya yang mengakibatkan hidup yang tidak menyenangkan tersebut, beliau membuat karya seni yang amat sangat indah. Berikut ini adalah penampakan dari beberapa karya-karyanya :

  • Lukisan


The Belleli Family, 1862

Interior (The Rape), 1869

The Dance Class, 1870

Dance Class at the Opera, 1872

Place de la Concorde, 1875

The Absinthe Drinker, 1876


Miss La La at the Cirque Fernando, 1879


Three Dancers in Exercise Hall, 1880

  • Patung



Little Dancer of Fourteen Years, 1880

The Spanish Dance, 1885

Dancer in the Role of Harlequin, 1885

Nah itu dia kurang lebih hasil karya seninya, indah kan? Sebenernya masih ada banyak lagi karya-karya Degas ini, cuma nanti kepanjangan lagi kalo ditampilin semuanya jadi cukup beberapa aja. Oke kayaknya segini aja kenalan singkat dengan Degas-nya. Kalau mau kenalan lebih jauh, silahkan bersurfing ria di internet. See you on the next post guys.

Sumber : wikipedia & google.

No comments:

Post a Comment