November 30, 2014

IT on The Roof #19 Edisi AKBAR : Sumber Uang Masa Depan

Jakarta - 7 November 2014, Universitas Budi Luhur kembali mengadakan acara seminar rutinnya yaitu “IT on the Roof”. IT on the Roof merupakan seminar yang menggunakan sekaligus melestarikan satu dari sekian banyak tradisi tanah air karena acara seminarnya hanya dilakukan pada Jum’at Kliwon. Tidak hanya melestarikan tradisi tanah air, seminar gratis ini juga dilakukan secara terbuka di atap gedung Suhanah, atau unit 7 pada Universitas Budi Luhur.

Pada seminar IT on the Roof edisi ke-19 ini tema yang diangkat adalah “Sumber Uang Masa Depan” dengan pembicaranya, yaitu Ali Akbar. Beliau adalah alumni Universitas Budi Luhur dan juga penemu dari BISMA Center. BISMA (Business, Internet, Sharing, Marketing, Affiliation) Center adalah sebuah komunitas yang membantu untuk memajukan bisnis di Indonesia dengan meng-online-kan bisnis yang belum online, dan meng-optimasi-kan bisnis online dengan prinsip-prinsip SEO.

Lalu apa saja sih yang termasuk sumber uang masa depan? Sumber uang masa depan itu antara lain : Tablet, Smartphone, Maps, Cloud Computing (Awan Data), Video, Film, Sport, Penelusuran, Komunitas dan Musik. 


Bagaimana mereka dapat menjadi sumber uang masa depan? Gue akan memberikan beberapa gambaran bagaimana mereka dapat menjadi sumber uang masa depan. Tablet & Smartphone, kedua barang ini dapat menjadi sumber uang masa depan karena kebutuhan manusia akan informasi yang terus meningkat sehingga mereka memerlukan alat yang praktis dan dapat mendukung kebutuhan informasi mereka, kalian juga dapat merancang sebuah applikasi yang akan digunakan oleh para pengguna tablet & smartphone tersebut.


Maps & Cloud Computing, bagaimana mereka dapat menjadi sumber uang masa depan? Kalian pasti tau kan dengan teknologi street view oleh google? Nah mereka kadang menyewa orang untuk melakukan pekerjaan street viewing tersebut, atau kalian yang mempunyai bisnis online dapat menyertakan tokonya pada google maps agar mudah dicari oleh orang-orang, more customer more money, right? Nah kalau cloud computing ini kalian dapat menyewakan jasa cloud computing pada orang-orang, karena kalau dilihat sekarang ini orang-orang lebih memilih menyimpan data-datanya secara non-fisik dengan cloud daripada harus membawa-bawa flash disk, atau hard disk karena data yang disimpan dalam cloud lebih mudah diakses dan tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli hard disk atau media penyimpanan lainnya.


Video, Film, Musik. Untuk tiga hal ini, kalian dapat mendapatkan uang dengan cara membuat, mempromosikan, dan memasarkan video, film dan musik buatan kalian. Untuk video, kalian bisa mem-posting di youtube dan memasang iklan pada video tersebut agar kalian mendapatkan uang setiap ada orang yang menonton video kalian. Film, kalian dapat membuat website tentang download film atau nonton film gratis secara online kemudian memasang iklan pada web tersebut atau membuat orang mendaftar membership untuk menonton film kalian, mudah kan? Untuk musik, tidak jauh berbeda dengan film dan video, kalian dapat membuat website untuk download musik atau membuat musik kalian sendiri dan memasarkannya di youtube, atau web lain seperti soundcloud, dll.


Sport, Penelusuran, dan Komunitas. Sport, sekarang ini sudah banyak website yang menyediakan live streaming acara-acara olahraga seperti sepakbola, tenis, badminton, dsb. Kalian dapat mencari uang dengan membuat website serupa atau membuat website tentang penjualan alat sport, dll. Kalau komunitas, anda bisa membuat sebuah komunitas tentang salah satu hobi anda atau hal-hal yang anda sukai kemudian memasarkannya di internet dan kemudian membuat event-event tertentu bagi para anggotanya atau mendaftarkan komunitas anda pada salah satu event besar, siapa tahu anda akan mendapatkan hadiah berupa uang atau lebih banyak peminat yang ingin masuk ke komunitas anda, apabila komunitas anda sudah besar mungkin saja anda menarik iuran pendaftaran bagi para anggota baru. Penelusuran, penulusuran ini dapat menjadi sumber uang masa depan apabila kita menggunakannya dengan optimal, seperti mempromosikan toko online anda dengan teknik SEO agar tampil dalam halaman pertama di search engine terkemuka seperti google, yahoo, bing, dll.


Sepertinya cukup sudah pembahasan saya tentang sumber uang masa depan ini, jika anda ingin tau lebih banyak dan lebih jelas silahkan cari sendiri di internet. See you on the next post!


No comments:

Post a Comment