November 30, 2014

Penggunaan Kata A, An, dan The Dalam Kalimat, part 1

Hello folks, ketemu lagi dengan gue. Pada posting kali ini gue akan membahas tentang penggunaan "The Article", yaitu a, an dan the yang tergolong simple dan mudah tapi sering salah digunakan. The Article atau dalam bahasa Indonesianya kata sandang, merupakan kata yang digunakan dengan kata benda (noun) untuk membatasi arti kata benda dan mengindikasikan jenis referensi yang dibuat oleh kata benda tersebut. 


Contohnya : Dean have three objcets, the objcets are : a book, an apple, and a pen. Nah, the yang ada pada kalimat tersebut menunjuk pada objek yang dimiliki oleh Dean, sedangkan a dan an menunjuk pada objek-objek tersebut yaitu buku, apel, dan pulpen. Nah, kapan kita dapat menggunakan kata a, an, dan the tersebut? Langsung saja kita mulai pembahasannya.

Penggunaan A, kapan kita menggunakannya?
  • Sebelum kata yang mulai dengan bunyi mati atau non konsonan. Konsonan (a, i, u , e, o).
Contoh : a book, a pen, a teacher, a university, a one-eyed man, a union, etc.

Maksudnya dengan bunyi mati adalah, saat kita membaca kata tersebut bunyinya tidak diawali dengan huruf a, i, u, e, o. Seperti pada kata university dan one-eyed man meskipun diawali dengan huruf konsonan, tetapi cara membacanya tidak menggunakan huruf konsonan. University dibaca yuniversiti, one-eyed man dibaca wan aid maen, dan union dibaca yunien.

  • Untuk benda-benda yang dapat kita hitung
Contoh : a boy, a house, a tree, a dog, etc.

Nah, untuk benda-benda yang tidak bisa dihitung seperti water, sugar, etc kita tidak menggunakan a tetapi langsung menyebut benda tersebut, kecuali kita menambahkan benda yang dapat dihitung sebelum menyebut benda yang tak bisa dihitung itu. Misal, I need water atau I need a bottle of water.


Penggunaan An, kapan kita menggunakannya?

  • Sebelum kata yang berawaln dengan bunyi konsonan (a, i, u, e, o)
Contoh : an egg, an umbrella, an FBI, an old house, etc.

Sama seperti penjelasan tentang penggunaan a diatas, penggunaan an ditekankan kepada cara pembacaan sebuah kata bukan awal huruf dari kata tersebut. FBI menggunakan an karena FBI dibaca ef bi ai (menggunakan konsonan), sehingga digunakan an bukan a.

  • Untuk benda-benda yang dapat kita hitung
Contoh : an apple, an elephant, an ant, etc.

Penjelasannya kurang lebih sama dengan penggunaan a diatas, apabila ingin menambahkan benda yang dapat dihitung sebelum menyebutkan benda yang tak dapat dihitung maka penggunaan a/an mengikuti benda yang dapat dihitung tersebut.

  • Sebelum kata yang dimulai dengan huruf h yang lemah (silent h)
Contoh : an hour, an honest boy, an honor, etc.

Maksud dari huruf h yang lemah ini adalah pada saat membaca kata tersebut huruf h-nya tidak dibaca atau dimatikan, hour dibaca auer, honest dibaca anes, honor dibaca aner

Oke, sampai disini dulu pembahasan tentang kata sandang tersebut agar pemahamannya mudah dan tidak terlalu banyak. Penggunaan the akan dibahas pada posting berikutnya, so stay tuned! Selamat belajar guys see you on the next part!





No comments:

Post a Comment